Selamat datang di SD Pemersatu Singkawang!
We help you mountain up your “DOA” (Determination, Opportunity, Ability).
KAMI MENERIMA PESERTA DIDIK BARU TAHUN AJARAN 2016/2017
Syarat Pendaftaran
1. Membayar biaya pendaftaran.
2. Mengisi formulir pendaftaran.
3. Menyerahkan fotocopy akte kelahiran/surat lahir.
Waktu dan tempat pendaftaran
Pendaftaran dimulai pada 1 Maret 2016, bertempat di eks SMP Negeri 19, Jl. Pulau Natuna RT 17/RW 07 Kelurahan Pasiran, Singkawang Barat. Untuk tahun ajaran 2016/2017 TIDAK DIKENAKAN UANG PANGKAL. Informasi lebih rinci, hubungi : HP: 0812 8852 7768 atau: jalil.foundation@gmail.com
Visi dan misi
1. Menumbuh-kembangkan kesadaran dan perwujudan Sumpah Pemuda Indonesia yaitu:
(1) berbangsa satu-bangsa Indonesia;
(2) bertumpah darah satu-Tanah Air Indonesia;
(3) berbahasa satu-Bahasa Indonesia.
2. Para siswa wajib menyadari realita bahwa kita beragam namun dipersatukan dalam wadah NKRI dengan dilandasi oleh falsafah Bangsa Indonesia yakni Pancasila dan direkat oleh UUD 1945.
Mengapa SD Pemersatu?
Menurut Prof. Dr. Anis
Baswedan, Menteri Kemendikdasmenbud:
“Anak-anak muda Indonesia paling tidak harus bisa tiga bahasa: bahasa daerah, Indonesia, dan Inggris. Dengan
menguasai tiga bahasa tersebut, pemuda Indonesia tidak akan kehilangan akar
budayanya sekaligus mempunyai alat untuk menjadi bagian dari dunia. Pemuda kita
yang pintar, dibawa ke Singapura, tidak kelihatan pintarnya karena tidak
menguasai bahasa Inggris”.
- Masuknya MEA menuntut putra(i) Indonesia harus mampu berperan aktif. Mempersiapkan putra(i) kita agar mampu menggunakan bahasa Inggris, sudah menjadi realita tepat di pelupuk mata kita.
- Mengabaikan apalagi menolak realita ini, samalah artinya kita melakukan pembiaran terhadap putrai(i) kita. Berarti juga kita menghalangi mereka untuk mengembangkan masa depan mereka secara maksimal;
- Memperkuat bahasa Inggris putra(i) kita, merupakan upaya perwujudan rasa kasih sayang orangtua agar anak-anak kita siap membangun masa depan mereka sendiri, dan masa depan Kota Singkawang.
Pengalaman pembelajaran apa yang diberikan?
- SD Pemersatu (SDP) menggunakan kurikulum, bahan ajar, dan buku berbahasa Indonnesia yang sama dengan yang dipergunakan di SD Negeri, namun menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.
- SDP membimbing secara intensif agar putra(i) anda menguasai B.Inggris dan B. Indonesia dengan lancar, tanpa kehilangan jati diri dan akar budaya mereka.SDP juga mengajarkan B. Mandarin sebagai bahasa pilihan.
- SDP memperkuat kesadaran bahwa kita beragam dalam agama, ras, suku bangsa dan golongan, latar belakang sosial dan budaya, namun di persatukan dalam wadah NKRI yang dilandasi oleh falsafah Pancasila dan direkat oleh UUD 1945.
- SDP mendorong kesadaran bahwa berbeda itu adalah merupakan rahmat dan kekuatan dari Tuhan YME untuk mewujudkan kedamaian dan kesejahteraan diri, masyarakat, dan bangsa.
- SDP berkomitmen untuk menumbuh kembangkan sikap siswa yang pantang menyerah dan berusah keras untuk mencapai prestasi terbaik.
- SDP berkomitmen untuk menumbuhkembangkan 5BPs: be punctual (tepat waktu), be polite (sopan santun), be positive (sikap positif), be patience (sikap sabar), be prepared (siap siaga).
Tujuan pengajaran, materi, teknik dan pengalaman pembelajaran, serta program supervisi, monitoring dan evaluasi dirancang dan diimplementasikan untuk melakukan perubahan mental, agar siswa:
- Berprilaku dan bersikap sesuai dengan kebhinnekaan Indonesia;
- Menghayati dan menerapkan karakter terpuji termasuk menunjukkan sikap adil atau “fair-go attitude”;
- Mampu bekerjasama, dapat dipercaya, dan menjaga keharmonisan hubungan dengan Tuhan, sesama manusia, dan dengan lingkungan;
- Mampu mengembangkan kreativitas dan inovasi, serta responsif terhadap perubahan;
- Kuat iman, tinggi ilmu, dan berusaha keras untuk maju dalam ekonomi;
- Mampu mengambil keputusan dan tindakan berdasarkan norma etika dan hukum, serta peraturan-perundang-undangan yang berlaku.
Tujuan
khusus
- Terampil dalam menggunakan bahasa
Indonesia, Inggris, dan bahasa daerah;
- Terampil dalam menggunakan komputer/teknologi
informasi;
- Menguasai secara baik bahan ajar
yang menjadi cakupan penting dalam Kurikulum SD yang berlaku;
- Mencegah putus sekolah dan
mengulang kelas, dan sebaliknya meningkatkan angka melanjutkan ke jenjang
pendidikan yang lebih tinggi.
- Menjunjung tinggi asas tepat waktu,
sopan-santun, sikap positif, dan sabar.
- Seluruhnya menggunakan kurikulum,
bahan ajar, dan buku berbahasa Indonnesia yang sama dengan yang
dipergunakan di SD Negeri;
- Semua materi ulangan, tes, UAS
menggunakan sepenuhnya bahasa Indonesia.
- Bahasa pengajaran menggunakan dua
bahasa yaitu bahasa Indonesia dan Inggris;
- Bahasa Mandarin, merupakan bahasa
pilihan bagi siswa yang berminat; dan
- Kegiatan ekstra terutama ditujukan
untuk meningkatkan kesadaran dan prilaku yang konstruktif, misalnya: (i)
bagaimana mencegah bahaya kebakaran; (ii) bagaimana berprilaku di jalan
raya yang aman bagi dirinya dan orang lain; dan (iii) menghargai
kepemilikan dan privasi orang lain.
- Menerapkan guru kelas melalui “Team Teaching”;
- Setiap kelas dibimbing oleh dua
orang guru;
- Berbasis tugas, berlangsung secara
klassikal, kelompok kecil, pasangan (pair), dan individual;
- Siswa banyak terlibat dalam
“learning journey” atau perjalanan pembelajaran yang dilandasi oleh
pendekatan PAKEM (Pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan
menyenangkan);
- Menerapkan kelas kecil, beranggotakan maksimal 25 orang;
- Merangsang berkembangnya budaya membaca, mendengarkan dan menghargai pendapat orang lain, serta mampu menyampaikan gagasan secara lisan dan tertulis;
- Mengutamakan sekolah yang TERBINA (Tertib Bersih Indah Nyaman Aman);
- Bebas dari NARKOBA, vandalisme, dan
bullying
- Mengembangkan sikap dan prilaku
yang mulia
- Bahwa keberagaman itu kunci
keadilan, dan menerima perbedaan sebagai hikmah;
- Mengembangkan bakat dan kemampuan
individual secara maksimal
- Menumbuh-kembangkan hubungan yang
serasi dan berfaedah antara dan sesama
siswa, guru, orang tua siswa, dan masyarakat sekitarnya.
Tenaga
Pengelola dan Pengajar
- Berijazah S1, S2, dan S3; tamatan
dalam dan luar negeri;
- Fasih dalam bahasa Inggris dan
Indonesia;
- Berpengalaman dalam mengajar
anak-anak usia sekolah dasar.
- Bagi siswa yang memilih Bahasa Mandarin akan
disediakan guru yang menguasai bahasa Mandarin dengan baik.
1.
Dr. ARIA DJALIL, MA., PhD
(Ketua Yayasan Pendidikan Jalil dan Direktur SETC Singkawang)
·
S1 FKIP Bandung, S2 dan S3 University of
Sydney, Australia.
·
Konsultan Pendidikan pada
United States Agency for International Development (USAID)
·
Studi banding dan pertemuan ilmiah kependidikan
di Malaysia, Brunei, Singapura, Filipina, Thailand, Jepang, India, Australia,
Inggris, Jerman, Perancis, Kanada, and AmerikaSerikat;
·
Anggota SEARAG (South East
–Asia Research Advisory Group)
·
Atase Pendidikan & Kebudayaan pada KBRi di
Canberra, Australia
2.
EVI NOVITASARI, M.Pd
(Tenaga Pengajar)
· Pendidikan S2 Bahasa Inggris Universitas Negeri Surabaya
·
Dosen IKIP PGRI Pontianak
·
Tutor Bahasa Inggris Kelas Akselerasi
IKIP PGRI Pontianak
·
Instruktur Bahasa Inggris SETC.
3.
LEONARDO KADUT, S.Pd
(Tenaga Pengajar)
·
Pendidikan S1 Bahasa Inggris IKIP
PGRI Pontianak
·
Tutor Program PROCTOR IKIP PGRI
Pontianak
·
Salah Satu Mahasiswa Generasi Pertama
Program Akselerasi IKIP PGRI Pontianak
·
Instruktur Bahasa Inggris SETC.
4.
LISA SAPARIA
(TenagaPengajar)
·
Pendidikan S1 Bahasa Inggris IKIP
PGRI Pontianak
·
Tutor Program PROCTOR IKIP PGRI
Pontianak
·
Salah Satu Mahasiswa Generasi Pertama
Program Akselerasi IKIP PGRI Pontianak
·
Instruktur Bahasa Inggris SETC
5.
ASRIDAYANTI, S.Pd
(Tenaga Pengajar)
·
Pendidikan S1 Bahasa Inggris IKIP
PGRI Pontianak
·
Tutor Program PROCTOR IKIP PGRI
Pontianak
·
Salah Satu Mahasiswa Generasi Pertama
Program Akselerasi IKIP PGRI Pontianak
·
Instruktur Bahasa Inggris SETC
·
Salah satu peserta dalam acara pertukaran budaya nasional
6.
TEMARDI, S.Pd
(TenagaPengajar)
·
Pendidikan S1 BahasaInggris
IKIP PGRI Pontianak
·
InstrukturBahasaInggris
E-ColinkSelama 3 Tahun
·
InstrukturBahasaInggris SETC
7.
RYAN CIPTA JULIANDA, S.Pd
(TenagaPengajar)
·
Pendidikan S1 Bahasa Inggris IKIP
PGRI Pontianak
·
Tutor Program PROCTOR IKIP PGRI
Pontianak
·
Salah Satu Mahasiswa Generasi Pertama
Program Akselerasi IKIP PGRI Pontianak
·
Instruktur Bahasa Inggris SETC
8.
Nanda Djalil
·
Pendidikan
SD-Perguruan Tinggi di Australia dan berdomisili 17 tahun di Australia
·
Berpengalaman
mengajar bahasa Inggris
·
Tutor Bahasa
Inggris kelas akselesari IKIP PGRI Pontianak.
Informasi
Pendukung
Mengajarkan
bahasa Inggris sejah usia dini menurut beberapa ahli a.l., Martha G. Abbot,
Sullivan Caccavale, Prof Turgay Dincay, Ken
Stewart, Catherine Ford, dan Prof. Pascual-Leone, mengundang banyak fanfaat:
- Mulai mengajarkannya di usia dini akan meningkatkan kemampuan kogitif. Anak-anak akan lebih kreatif, lebih mampu berpikir kritis, dan lebih mampu memecahkan masalah;
- Bahasa asing sebagai bahasa ke dua ibarat senam otak; meningkatkan kelenturan otot otak, kemampuan kognitif dan berpikir kritis. Dapat ditransfer untuk pengembangan kemampuan matematik;
- Mempekuat syaraf otak, menambah kemampuan mengolah informasi, meningkatkan daya ingat dan kemampuan berbicara, serta mencegah percepatan kemorosotan dalam memori/dimensia;
- Bahasa ke dua dapat meningkatkan rasa percaya diri, dan meningkatkan kemampuan membaca dan menulis.
- Bahasa asing membantu menyiapkan anak-anak untuk memasuki masyakat global, untuk menimba ilmu, berdagang, dan menambah peluang untuk berkarir lebih baik.
b. Penguasaan
asing tidak melemahkan semangat nasionalisme
Tidak
ada bukti empiris yang meyakinkan bahwa penguasaan bahasa asing memperlemah
nasionalisme:
- Bung Karno, Bung Hatta, Bung Syahrir, dan pendiri RI lainnya sangat piawai menggunakan beberapa bahasa asing. Kepiawaian mereka dalam menggunakan bahasa asing justru mampu menggalang dukungan dunia untuk membebaskan Indonesia dari penjajahan. Kadar nasionalisme mereka sungguh amat sulit ditandingi.
- Mahatir Muhammad dan Lee Kuan Yew amat fasih berbahasa Inggris Ke dua pemimpin ini berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris yang sangat baik, bahkan jauh lebih baik daripada umumnya penutur asli bahasa tersebut. Namun, Mahatir tetap sangat Malaysian, dan Lew Kuan Yew tetap sangat Singaporian.
Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah ak bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085--->"218--->"379--->''259'
BalasHapusAwalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah ak bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085--->"218--->"379--->''259'
BalasHapus